Langkah Mudah untuk Membuat Soto Ayam Medan yang Lezat Sekali

Diposting pada

Soto Ayam Medan. Terima Kasih telah menonton video-video saya ,jangan lupa di subscribe,Like dan Share yah ,Karna subscribe dari kalian yang membuat saya semangat terus. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Resep Soto Ayam Medan gurih dan enak, siapa yang tak kenal makanan populer yang satu ini.

Resep soto ayam lamongan, resep soto ayam kuning, resep soto medan, bumbu soto jawa. Soto asal Sumatera Utara ini memiliki ciri khas berupa santan kental dengan menggunakan berbagai rempah asli Indonesia. Nah, berikut resep soto ayam khas.

Lagi mencari inspirasi resep soto ayam medan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam medan yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Terima Kasih telah menonton video-video saya ,jangan lupa di subscribe,Like dan Share yah ,Karna subscribe dari kalian yang membuat saya semangat terus. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Resep Soto Ayam Medan gurih dan enak, siapa yang tak kenal makanan populer yang satu ini.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam medan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto ayam medan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto ayam medan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Ayam Medan menggunakan 31 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto Ayam Medan:

  1. Siapkan 2 liter air /secukupnya (me: air kaldu rebusan ayam untuk suwir).
  2. Sediakan 130 ml santan kental (2 bungkus santan kara).
  3. Siapkan Bumbu Halus :.
  4. Siapkan 10 siung bawang putih.
  5. Ambil 6 siung bawang merah.
  6. Gunakan 4 butir kemiri.
  7. Ambil 4 cm kunyit.
  8. Gunakan 1 ruas jahe.
  9. Gunakan 1 bungkus ketumbar bubuk.
  10. Siapkan 1 bungkus merica bubuk.
  11. Gunakan Bumbu Cemplung :.
  12. Siapkan 1 ruas lengkuas, geprek.
  13. Gunakan 2 batang sereh, geprek.
  14. Siapkan 3 lembar daun salam.
  15. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  16. Ambil 1 buah bunga lawang.
  17. Ambil Bumbu Penyedap :.
  18. Gunakan Secukupnya garam.
  19. Ambil Secukupnya gula.
  20. Siapkan Secukupnya royco sapi.
  21. Gunakan Bahan Pelengkap :.
  22. Sediakan Ayam suwir.
  23. Sediakan Soun rebus.
  24. Ambil Toge rebus.
  25. Siapkan Telur rebus.
  26. Ambil Perkedel kentang.
  27. Sediakan Irisan tomat.
  28. Gunakan Irisan daun seledri.
  29. Siapkan Bawang goreng.
  30. Sediakan Emping.
  31. Ambil Sambal soto.

Bahan utama dari soto adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang membuatnya dengan daging kambing. Contohnya Resep Soto Lamongan tidak menggunakan sembarangan jenis ayam. Soto Medan, salah satu variasi soto dari kepulauan nusantara yang istimewa. Penyajian: Atur potongan daging goreng dan ayam goreng dalam mangkok saji, tuangi kuah soto panas.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Ayam Medan:

  1. Tumis bumbu halus dengan bumbu cemplung. Aduk rata hingga bumbu matang dan harum..
  2. Tambahkan 2 liter air kaldu ayam (atau air biasa), aduk rata dan masak hingga kuah mendidih. Tambahkan bumbu penyedap, aduk rata dan koreksi rasa. (Btw disini aku nambahin air dikit doang di wajan, air yg 2 liter di panci sebelah).
  3. Setelah mendidih dan diberi bumbu penyedap, kecilkan api, masukkan santan kara dan aduk cepat hingga mendidih kembali. Koreksi rasa kembali..
  4. Siapkan bahan pelengkap..
  5. Tata di mangkuk semua bahan pelengkap, lalu siram dengan kuah soto. Sajikan..

Soto Medan asli juga terkenal dengan kuah soto yang enak dan benar-benar gurih. Resep soto medan ayam kampung atau bisa pakai daging sapi ini. Umumnya soto Medan menggunakan daging ayam sebagai bahan kaldu dan pelengkapnya. Tetapi soto Medan yang menggunakan daging sapi pun tak kalah nikmat, kok. Goreng ayam yang disisihkan tadi hingga kering dan kemudian suwir-suwir.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto ayam medan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!