Cara Gampang Menyiapkan Semur Ayam aka Ayam Kecap, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada

Semur Ayam aka Ayam Kecap. Ayam kecap bisa jadi sajian makan pagi, siang, maupun malam. Keluarga Indonesia umumnya menggemari ayam kecap dengan menu tambahan seperti Menu ayam kecap jadi andalan kesukaan keluarga Indonesia. Berikut ini beberapa resep ayam kecap yang bisa kamu praktekkan langsung.

Masakan rumah penuh rasa nostalgia cocok sebagai menu harian. Mulai dari Semur Ayam Kentang, Tahu, Tempe, Kecap, Pedas, Santan (Rekomended). Resep Semur Ayam – Ayam merupakan salah satu bahan masakan yang banyak disukai oleh banyak orang.

Anda sedang mencari inspirasi resep semur ayam aka ayam kecap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal semur ayam aka ayam kecap yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ayam kecap bisa jadi sajian makan pagi, siang, maupun malam. Keluarga Indonesia umumnya menggemari ayam kecap dengan menu tambahan seperti Menu ayam kecap jadi andalan kesukaan keluarga Indonesia. Berikut ini beberapa resep ayam kecap yang bisa kamu praktekkan langsung.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam aka ayam kecap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan semur ayam aka ayam kecap enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan semur ayam aka ayam kecap sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Semur Ayam aka Ayam Kecap menggunakan 12 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Semur Ayam aka Ayam Kecap:

  1. Sediakan 1/2 Kg Ayam.
  2. Ambil 1/2 Buah Bawang Bombay diiris.
  3. Sediakan 2 Lembar daun jeruk dan daun salam.
  4. Ambil 1 Batang serai.
  5. Sediakan Bumbu halus :.
  6. Gunakan 6 siung bawang merah.
  7. Gunakan 4 siung bawang putih.
  8. Ambil 10 butir merica.
  9. Gunakan 1 ruas jari jahe.
  10. Siapkan secukupnya Garam, penyedap rasa (royco ayam) dan gula pasir.
  11. Sediakan 2 Sachet kecap manis.
  12. Sediakan 1 gelas air.

Banyak resep yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk memasak. Resep Semur Ayam Kecap Enak Dan Empuk Dapur Kita Semur ayam kecap adalah salah satu olahan ayam yang empuk favorit. Biasanya semur ayam memiliki rasa manis dari kecap, namun untuk resep kalai ini bagaimana kalau menggunakan cabe rawit.

Langkah-langkah menyiapkan Semur Ayam aka Ayam Kecap:

  1. Cuci bersih ayam, hilangkan lemaknya. Ulek bumbu halus…
  2. Panaskan minyak, kurang lebih 5 SDM lalu tumis bawang Bombay. Setelah harum masukkan bumbu halus dan daun jeruk, salam dan serai..
  3. Masukkan ayam, aduk hingga bagian luar ayam matang dan berwarna putih. Beri bumbu-bumbu, garam dan penyedap rasa, aduk rata..
  4. Masukkan air kurang lebih segelas besar atau 2 cangkir, yang penting ayam terendam, aduk rata lalu tutup dengan panci agar ayam matang dan bumbu meresap..
  5. Setelah ayam matang, kurang lebih 5 menit diungkep, tambahkan kecap dan sejumput gula pasir. Aduk rata, tutup kembali. Penambahan kecapnya sesuai selera aja yah bun.. kalo saya lebih suka banyak kecapnya..😁.
  6. Sesekali buka tutup dan aduk-aduk ayam, agar bumbu merata. Jangan lupa tes rasa, bila ada kurang bumbu silahkan ditambahkan. Setelah air agak menyusut dan kuah menjadi kental, matikan api dan hidangkan..

Dijamin tak akan bosan deh menyantap nasi putih anda dengan lauk semur ayam hangat yang berkuah kental dan pekat, serta bercitarasa manis, legit, dan gurih. Meski terdengar sangat sederhana dan simple, tapi rasa yang bisa Kamu cicipi dari sajian ini dijamin nendang banget deh! Yups, Kamu bisa memasak semur ayam ini baik untuk menu harian ataupun untuk acara-acara tertentu, semisal saat lebaran nanti. Semur ayam kecap was one of the dishes she made so often. It's easy, it's tasty, and it's pretty economical.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat semur ayam aka ayam kecap yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!