Balado Jengkol Teri

Duo sahabat ini : jengkol dan teri emang gak ada matinya. Dibikin balado gini makin nikmat sama nasi hangat secukupnya. Iya secukupnya aja lho~ Nanti bisa jejengkolan alias kebanyakan makan jengkol jadi gak nyaman perutnya. Hehe.

Di kelas M2S (Muslimah Melek Sehat), daku diingatkan bahwa sikap tawazun alias seimbang harus juga diterapkan di dapur. Pas masak dan pas makan.

Oia, berhubung balado-baladoan pake minyak. Yaaa minyak kelapa ya pilihannya. Nah kalo hari ini udah banyak pake minyak (walopun minyak kelapa), menu besoknya harus variatif lagi. Misal pepes atau rebusan.

Bismillah yo~ Semoga istiqomah ♡

Persiapan
40 Menit
Waktu Memasak
35 Menit
Penyajian
3 Porsi

Dikirim oleh

Pada 11 Maret 2021 07.03

Langkah-langkah pembuatan

1. Tahap

Goreng jengkol dan ikan teri. Sisihkan.

2. Tahap

Blender bumbu halus. Tumis hingga matang. Masukkan lengkuas + daun jeruk + daun salam. Aduk hingga wangi.

3. Tahap

Masukkan air asam + bumbu. Aduk rata.

4. Tahap

Masukkan jengkol dan ikan teri. Aduk rata. Masak sejenak agar bumbu menyerap. Koreksi rasa. Siap diuwek-uwek pake nasi hangat ♡ Padankan dg lalapan atau bening sayuran ya ♡


Bahan-bahan

  • 250 gr Jengkol (rebus)
  • 2 sdm Ikan Teri
  • Bahan Sambal Balado
  • 2 buah Bawang Putih
  • 5 buah Bawang Merah
  • 1 genggam Cabai Merah Keriting
  • 10 buah Cabai Rawit Merah
  • 1 buah Tomat Merah
  • 3 lembar Daun Jeruk
  • 1 lembar Daun Salam
  • 1 ruas Lengkuas (geprek)
  • 1 sdm Air Asam Jawa
  • Secukupnya Minyak Kelapa
  • Secukupnya Garam + Gula + Kaldu Bubuk + Lada Bubuk

Bagikan ke teman anda

Resep-resep Terkait

Sup Kaldu Ayam Slowcooker

Sup Kaldu Ayam Slowcooker

Sambel Teri

Sambel Teri

Ikan Kembung Kukus 5 Rempah

Ikan Kembung Kukus 5 Rempah

Ikan Raja Bau Bumbu Jahe Bawang

Ikan Raja Bau Bumbu Jahe Bawang