Lunch Box Bento

Bismillah ..
Goyang Dapur bonus bareng komunitas Paders kali ini temanya Bento .. Monmaap nih Yee monmaap, aku bener2 gak bisa bikin bento2an yg dibentuk2 gitu, jadi bener2 cuma kotak bekal yg apa adanya banget 😂😂
Ini bekal makan siang paksu beberapa hari yang lalu, isinya cuma nasi putih + ayam Krispy saus asam manis + telur dadar bayam sosis 🤤
Aku tuh tiap hari gak pernah absen bikin bekal buat paksu (hari libur gak diitung ya😂), walaupun sering pusing bikin bekal apalagi karena paksu gak doyan sayuran.😂 Tapi kalau sayurnya dibuat dadar gitu kok doyan, kayak balita yg gak doyan sayur aja, dibuat sayur ngumpet 😂😂😂
Eh malah curhat 😂
Ayam Krispy asam manis cooksnap resep bujend @opibun enak banget ini 🤤 saya buat setengah resep dari resep asli, disini saya tulis sesuai yang saya bikin ya.

#GoDaBonus_MrsBento
#GoDa_Paders
#KomunitasPaders

Persiapan
35 Menit
Waktu Memasak
50 Menit
Penyajian
10 Porsi

Dikirim oleh

Pada 29 September 2021 07.46

Langkah-langkah pembuatan

1. Tahap

Cuci bersih ayam, kemudian potong dadu. Beri bawang putih halus, garam dan lada bubuk, aduk rata. diamkan selama 10 menit.

2. Tahap

Aduk rata tepung maizena dan kaldu jamur. Celupkan potongan ayam kedalam air es. Lalu gulingkan pada campuran tepung maizena sambil dicubit-cubit. goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

3. Tahap

Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan saos tomat dan kecap manis, aduk rata. Masukkan air, garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih. Tuang larutan sagu, aduk sampai kental. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Cek rasa. Angkat.

4. Tahap

Buat telur dadar : cuci bersih bayam. Rajang halus bayam, potong dadu kecil sosis.

5. Tahap

Kocok telur, garam, kaldu jamur dan lada bubuk. Kemudian masukkan bayam dan sosis, aduk rata. Panaskan minyak di teflon, tuang adonan telur dan ratakan. Masak sampai kedua sisinya kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

6. Tahap

Penyajian : tata nasi di kotak bekal, tata potongan telur dadar. Tata ayam crispy lalu siram dengan saus.


Bahan-bahan

  • Ayam asam manis :
  • 150 gr fillet dada ayam (resep asli pakai fillet paha)
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • Bahan pelapis :
  • 75 ml air es
  • 2 sdm maizena
  • 1/4 sdt kaldu jamur
  • Bahan saus :
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang Bombay ukuran kecil (saya skip)
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sdm saos sambal (tambahan saya)
  • 1/2 sdt kecap manis
  • 150 ml air
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
  • 1/2 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 tepung sagu, larutkan dengan 1/2sdm air
  • Telur dadar bayam sosis :
  • 1 butir telur
  • 6 lembar daun bayam
  • 1 buah sosis
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt kaldu jamur
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak
  • 2 centong nasi putih

Bagikan ke teman anda

Resep-resep Terkait

Es Tape Singkong Susu

Es Tape Singkong Susu

Sate Tahu

Sate Tahu

Martabak Lenggang Vla Kopi

Martabak Lenggang Vla Kopi

Kue Jaring Laba-laba Matcha

Kue Jaring Laba-laba Matcha