Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati

Dari 2 hari yang lalu pak hubby minta di bikinin bala², tp penyakit males bini'nya lagi nongol 😂 tadi pagi minta lagi, ya udah deh bikinin aja, daripada dosa ye khaan 🤭saya bikinin bala² yg spesial, karna beda dari bala² yg biasa sering saya bikin, nyontek resep punya bunda @wawawiati1911 emang juara 👏👍👍 saya padukan dengan saos cocolan kesukaan pak hubby, dan Alhamdulillah bala²nya habiiis tak tersisa, katanya enak banget, tapi sayang hasil contekan 🙄🤨
Aish, biarin yg jelas seddappphh 😜😜😜

Persiapan
60 Menit
Waktu Memasak
60 Menit
Penyajian
1 Porsi

Dikirim oleh

Pada 28 September 2021 09.34

Langkah-langkah pembuatan

1. Tahap

Campur bahan tepung, kecuali air (saya ayak dulu sebelumnya, karna pakai terigu curah) lalu aduk rata pakai whisk sampai tercampur, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, adonan kental yah.

2. Tahap

3. Tahap

Masukkan bahan sayuran, aduk rata.

4. Tahap

Panaskan minyak goreng lalu goreng adonan bala² sampai kecokelatan kedua sisinya, angkat dan tiriskan.

5. Tahap

Sajikan dengan sambal cocolan

6. Tahap

Nb : bala² ini teksturnya renyah di luar, dalamnya lembut tapi beda sama bala² biasanya.
Takaran air bisa ditambah, tapi jangan terlalu cair. Saya hanya tambah 50 ml air dari takaran resep asli yg 250 ml. Diresep asli bunda wawa wiati tidak memasukkan bahan bamer dan baput, mungkin beliau lupa atau memang gak pake, tapi saya pakai duo bawang. Berikut saya SS resep aslinya, tapi cara membuat nya gak ke SS 😅🙏


Bahan-bahan

  • Bahan tepung :
  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung beras
  • 1 sdm munjung tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • Sesuai selera garam dan kaldu bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt gula pasir (sy skip)
  • 2 sdm margarin
  • 250 ml air (sy 300 ml)
  • Bahan sayuran (sesuai selera)
  • 1/4 bagian kol ukuran kecil, iris²
  • Segenggam tauge
  • 1 buah wortel, kupas lalu parut kasar (resep asli, potong korek)
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 1 batang seledri, iris (+saya)
  • 3 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • Minyak untuk menggoreng

Bagikan ke teman anda

Resep-resep Terkait

Nasi goreng sawi hijau

Nasi goreng sawi hijau

Ayam saos teriyaki

Ayam saos teriyaki

Dadar tahu telur geprek

Dadar tahu telur geprek

Teh cengkeh kayu manis (tanpa gula)

Teh cengkeh kayu manis (tanpa gula)